Di Bagian 1, kami mencari cara untuk mencerminkan dan mencocokkan tindakan orang lain. Kali ini, kami akan memeriksa modalitas indera dan menunjukkan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membuat Hubungan Instan.
Sebagian besar dari kita diberkati dengan lima indera, yang kita gunakan untuk menerima informasi dari dunia di sekitar kita. Neuro Linguistic Programming (NLP), antara lain, mempelajari hubungan antara bahasa dan fungsi otak.
NLP telah menentukan bahwa beberapa orang terutama berorientasi visual (V). Lainnya lebih pendengaran (A). Dan beberapa lebih berhubungan dengan perasaan fisik dan emosi mereka, atau apa yang disebut kinestetik (K). Dari ini, kami mendapatkan istilah VAK .
MENGGUNAKAN VAK
Anda bisa tahu mode sensorik mana yang lebih disukai seseorang dengan mendengarkan kata-kata yang mereka ucapkan.
Visual berpikir dalam gambar dan bahasa yang mereka gunakan mencerminkan itu. Mereka mungkin berkata, "Aku mengerti maksudmu," "Aku mendapatkan fotonya" atau "Itu terlihat bagus bagiku."Dalam presentasi penjualan, prospek Visual mungkin berkata," Tunjukkan pada saya apa yang Anda dapatkan."
Sebuah Auditori mungkin berkata, "Kedengarannya bagus," "Saya mendengar apa yang Anda katakan" atau "Itu benar."Selama rapat staf, Auditory mungkin berkata," "Biarkan saya mendengar ide Anda."
Sebuah Kinesthetic akan "Ingin menangani sesuatu," "Cobalah untuk ukuran" atau "Memiliki firasat."Jika Anda membuat proposal ke Kinesthetic, dia mungkin berkata," Letakkan itu pada saya."
Kuncinya kemudian, untuk membuat Hubungan Instan dengan masing-masing jenis ini adalah menggunakan bahasa yang dapat mereka pahami dan hubungkan. Melakukan yang sebaliknya akan seperti pergi ke Jerman dan menolak berbicara bahasa Jerman, meskipun Anda tahu bahasanya.
Jika Anda mengatakan kepada Auditory, “Apakah Anda mengerti maksud saya?"mereka tidak akan. Tetapi jika Anda bertanya, “Apakah Anda mendengar apa yang saya katakan?”Mereka mungkin akan melakukannya. Tidak hanya itu, mereka lebih cenderung setuju dengan Anda karena Anda berbicara bahasa mereka.
Dan ketika Anda berbicara bahasa mereka, Anda menciptakan hubungan.
VAK DALAM BISNIS DAN PENJUALAN .
Dalam situasi penjualan, atau waktu lain ketika Anda mencoba meyakinkan seseorang untuk melakukan sesuatu, tunjukkan nada atau ide Anda dengan cara yang paling kompatibel dengan cara otak seseorang bekerja.
Orang visual ingin melihat gambar produk atau, jika mungkin, produk itu sendiri. Mereka menemukan grafik dan grafik lebih meyakinkan daripada kata-kata yang Anda ucapkan.
Auditori akan lebih suka mendengar apa yang Anda katakan dan akan mencatat bagaimana Anda mengatakannya. Apakah Anda berbicara dengan sikap percaya diri dan otoritas, atau apakah suara Anda mengkhianati ketidakpastian, ketakutan, atau penipuan?
Kinesthetic akan ingin menyentuh produk atau memegang brosur atau bagan. Biarkan mereka melakukan ini. Jika Anda perlu menunjukkan sesuatu pada produk atau brosur, jangan mengambilnya dari mereka. Dapatkan yang kedua untuk diri sendiri.
Saat menggunakan VAK, perlu diingat bahwa hampir tidak ada yang menggunakan modalitas satu indera dengan mengesampingkan orang lain. Biasanya ada campuran. Juga, modalitas primer dapat berubah, tergantung pada situasinya. Jadi selalu dengarkan isyarat verbal untuk menentukan mode sensorik mana yang dominan saat ini dan sesuaikan bahasa Anda.
Meski begitu, biasanya ada satu pengertian khususnya bahwa seseorang lebih suka yang lain. Setelah Anda menemukan apa itu, dan gunakan pengetahuan itu dengan bijak, Anda memiliki satu kunci lagi untuk Hubungan Instan.
Dan begitu Anda memiliki hubungan, mendapatkan apa yang Anda inginkan menjadi jauh lebih mudah.
Diadaptasi dari buku baru "Power Persuasion:" Menggunakan Pengaruh Hipnosis untuk Menang dalam Kehidupan, Cinta dan Bisnis, "oleh David R. Barron dan Danek S. Kaus
Hak Cipta 2005 Danek Kaus